• Jelajahi

    Copyright © Aceh Nasional News
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Category 2

    Punya Banyak Fitur Canggih, Aplikasi PLN Mobile Diunduh Lebih 35 Juta Pengguna

    12/01/22, Kamis, Desember 01, 2022 WIB Last Updated 2022-12-01T11:19:50Z


    Jakarta, 1 Desember 2022 -* Aplikasi PLN Mobile yang dikembangkan PT PLN (Persero) mendapat _respons_ positif dari masyarakat. Hingga kini, tercatat sudah lebih dari 35 juta pengguna yang terdaftar pada aplikasi pelayanan pelanggan PLN ini dengan tingkat kepuasan 4,8 dari skala 5 di _Play Store_ pada Kamis (01/12).


    Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo selaku Chief Transformation Officer menjelaskan, selama 2,5 tahun ini PLN melakukan transformasi secara masif salah satunya melalui digitalisasi di berbagai aspek, dari pembangkit, transmisi, keuangan, pengadaan hingga layanan ke pelanggan. 


    " _Business process_ yang tadinya berbelit, _business process_ yang tadinya kompleks, kita bongkar,  kita ringkas, kita sederhanakan," ungkapnya. 


    Ia menjelaskan dengan transformasi ini, pelayanan PLN menjadi jauh lebih cepat. PLN melakukan transformasi penanganan gangguan dengan mengintegrasikan aplikasi PLN Mobile dengan _virtual command center_ dan yantek _optimization_.

    Performance_ petugas-petugas PLN di lapangan yang sebelumnya tidak terukur kini terukur dan termonitor langsung oleh pelanggan juga manajemen PLN hingga ke tingkat atas. Hal ini membuat kepercayaan masyarakat meningkat untuk menggunakan PLN Mobile," kata Darmawan. 


    Kepala Satuan Manajemen Digital dan Teknologi Informasi PLN Suroso Isnandar mengatakan, tingginya antusiasme masyarakat tersebut dipicu hadirnya beberapa fitur canggih yang membantu pelanggan dalam mengakses layanan kelistrikan. PLN Mobile hadir menjawab tantangan zaman yang menuntut kecepatan, kemudahan dan efisiensi dalam genggaman tangan pelanggan.


    "Misalnya ada layanan membeli dan membayar listrik, internet retail lewat Iconnet, _EV Digital Services_ hingga _market place._," tutur Suroso dalam acara Webinar Top Digital Awards It Works, Rabu (30/11).


    Dari penambahan fitur itu kata dia, hasilnya pun mulai terlihat, kini aplikasi New PLN Mobile banyak diterima oleh masyarakat karena banyak manfaatnya dan sangat membantu pelanggan. Hal tersebut terlihat dari jumlah orang yang melakukan _download_ dan _rating_ aplikasi. 


    "Semula, aplikasi PLN Mobile hanya di- _download_ oleh 500.000 orang saja dengan rating 2,5. Setelah langkah transformasi dilakukan, aplikasi PLN Mobile sudah di- _download_ oleh 35 jutaan _downloader_ dengan rating 4,9," kata Suroso.


    Bahkan lanjut dia, New PLN Mobile dipercaya masyarakat sebagai kanal pengaduan yang _fast_ dan _reliable_ serta mampu menggeser kanal _call center._ 


    Sebelumnya, perbandingan pengaduan yang masuk ke kanal _call center_ dan PLN Mobile adalah 64 persen berbanding 32 persen. 


    Sedangkan pasca transformasi ini, kanal pengaduan lewat PLN Mobile meningkat menjadi 64 persen. Sedangkan aduan lewat kanal _call center_ adalah 31 persen dan sisanya via media lain. 


    "Agar apa yang menjadi keluhan dari masyarakat tetap tertangani dengan baik dan juga termonitor dengan baik. Tidak ada lagi cerita lama yang saling menunggu karena tidak sigapnya petugas," kata Suroso.


    Pihaknya berharap, melalui transformasi PLN ini, layanan pelanggan bisa jauh lebih maksimal. 


    "Aplikasi yang lama belum menjawab permintaan pelanggan, belum bisa membeli listrik dan tagihan lainya dan juga tidak ada fitur interaktif terkait dengan pengaduan pelanggan belum ada mekanisme digitalisasi _end to end._ Dengan new PLN Mobile semua komplain yang ada langsung berjalan cepat," pungkasnya.



    *Narahubung*

    Gregorius Adi Trianto

    Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN

    Tlp. 021 7261122

    Facs. 021 7227059 


    *Sekilas Tentang PLN*

    _PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore._

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini